BENPARK - Merawat kura-kura memberikan kepuasan yang luar biasa. Terutama karena kura-kura dapat bermain bersama. Termasuk juga dalam daftar ini adalah Razorback Musk Turtle.


Razorback Musk Turtle, sebuah spesies kura-kura yang sangat diminati oleh para penggemar kura-kura di Indonesia. Harganya juga tidak terlalu tinggi, jadi masih dalam batas yang bisa dijangkau.

Razorback Musk Turtle

Sebelum kita melanjutkan ke topik yang lebih mendalam, untuk memperlancar pembahasannya, mungkin lebih sesuai jika kita menggunakan istilah "Kura-kura Razorback" daripada Razorback Musk Turtle. Bagaimana Sama pendapatnya? Baiklah, kita lanjutkan.


Klasifikasi Ilmiah


Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Subfilum : Vertebrata
Kelas : Reptilia
Ordo : Testudines
Famili : Kinosternidae
Subfamili : Kinosternidae
Genus : Sternotherus
Spesies : S. carinatus
Nama Latin/Ilmiah : Sternotherus carinatus


Bentuk Fisik

Razorback Musk Turtle

kura-kura Razorback memiliki kepala yang besar dan bulat dan juga memiliki leher yang agak panjang. Warna kulit dari kura-kura Razorback adalah coklat keabu-abuan.


Paruh dari kura-kura Razorback juga sangat unik, mirip dengan kura-kura Yuwonoi, kura-kura ini memiliki paruh yang tajam dan runcing layaknya paruh burung.


Lalu, di bagian tengah belakang, ada duri yang melengkung ke belakang dan dibentuk dalam pola gelombang. Jika kamu merasa tidak mengerti, kamu dapat melihat langsung di gambar bagaimana kerangka tubuhnya sedikit berbeda dengan kura-kura biasa. Tentu saja, hal itu membuatnya menarik dan istimewa.


Kura-kura Razorback bukanlah jenis kura-kura raksasa atau kura-kura "Giant". Kenapa? Coba kamu bayangkan betapa kecilnya jika kerap kura-kura Razorback hanya bisa tumbuh hingga 15 cm saja. Kecil bukan?


Penyebaran wilayah


Kura-kura Razorback adalah jenis kura-kura yang hanya bisa ditemui di bagian Selatan Amerika Serikat. Wilayah geografis tempat kura-kura ini dapat ditemukan termasuk negara-negara bagian Arkansas, Oklahoma, Texas, Mississipi, Florida, dan Louisiana.


Makanan

Razorback Musk Turtle

Kura-kura Razorback memakan hewan-hewan kecil yang hidup di air sebagai makanan utamanya. Apa sajakah yang termasuk di dalamnya? Siput misalnya, udang karang, kerang air tawar, dan juga bermacam-macam serangga.


Namun, di habitat alaminya, kura-kura Razorback juga menyukai memakan ikan yang masih hidup dan sisa-sisa bangkai. Ternyata dia sangat doyan makan ya.


Jika kamu merawat kura-kura Razorback, kamu dapat memberikannya makanan seperti cacing beku atau bahkan ulat hongkong. Mereka masih akan menikmati makanan tersebut dengan sukacita.


Habitat & Karakteristik

Razorback Musk Turtle

Rawa dan sungai dengan arus yang tidak terlalu cepat adalah tempat tinggal bagi kura-kura Razorback. Biasanya, habitat kura-kura ini adalah perairan dangkal yang memudahkan mereka untuk berjemur. Ini juga memfasilitasi untuk mereka saat saat ingin berjemur.


Kura-kura Razorback adalah jenis kura-kura yang dapat ditemui baik di air maupun di darat. Reptil berpunggung duri tersebut kadang-kadang menghabiskan waktu di air, tetapi juga terkadang muncul di daratan. Artinya, mereka sering beralih antara dua lingkungan tersebut.


Ketika kamu merawat kura-kura Razorback, disarankan untuk memelihara mereka di tempat yang memiliki cekungan air yang cukup besar. Lalu, kura-kura tersebut dapat menyelam dan kemudian berenang serta berjalan di dasar air.

Razorback Musk Turtle

Walaupun kura-kura Razorback tidak sering berjemur, tetap penting untuk menyediakan area berjemur bagi mereka. kamu dapat menambahkan batu, kayu, atau tempat yang lebih tinggi dan tidak terkena air sebagai tempat untuk berjemur.


Selain dari itu, kamu juga harus menyiapkan lampu ultraviolet untuk membantu menjaga suhu tubuh si kura-kura berpunggung duri. Selain untuk menjaga suhu tubuh, lampu UV juga memiliki manfaat lain bagi kura-kura Razorback yaitu membantu dalam proses penyerapan nutrisi dari makanan.


Ada hal lain yang perlu kamu catat, yaitu lokasi penyembunyian di dalam air. Apakah kamu tertarik untuk bermain persembunyian di bawah air. Seperti bermain petak umpet saja.


Hahaha, ini bukan untuk bermain petak umpet, ya. Perlindungan di dalam air sangat diperlukan karena kura-kura Razorback akan merasa tenang jika dia bisa berlindung di belakang sesuatu. Apakah itu tumbuhan air, gua, kayu, batu, atau benda lainnya.


Temperamen

Razorback Musk Turtle

Karakteristik kura-kura Razorback dapat dianggap sebagai yang sangat menyenangkan. Sangat jarang terjadi bahwa seseorang digigit oleh kura-kura Razorback.


Terlebih lagi jika melihat seberapa besar kura-kura Razorback, yang dapat mencapai ukuran maksimum 15 cm. Seringkali yang cemas malah si kura-kura bertubuh berduri ini.


Jika mereka merasa dalam bahaya, kura-kura Razorback akan segera menaruh kepala mereka ke dalam kerapas berduri mereka untuk melindungi diri.


Catatan khusus

Razorback Musk Turtle

Menurut informasi yang diperoleh dari IUCN Red List, kura-kura Razorback dianggap sebagai Least Concern. Kura-kura ini merupakan salah satu spesies yang memiliki risiko kepunahan yang rendah di habitat alaminya.