• Jelajahi

    Copyright © BENPARK - Referensi Kura-Kura, Filtrasi, Penyakit Serta Bisnis Ikan Hias
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Lepu Ayam Si Ikan Mematikan Bernama Lionfish

    7/31/2024, 20:41 WIB Last Updated 2024-09-08T09:36:24Z

    BENPARK - Apakah kamu pernah mendengar tentang ikan Lepu Ayam? Atau mungkin ikan Lionfish? Sebetulnya, ikan ini lebih dikenal dengan sebutan ikan lapu-lapu atau ikan Lepu Ayam.


    Tahukah kamu? Ikan ini memiliki berbagai nama, loh. Beberapa di antaranya adalah Zebrafish, Turkey Fish, Ornate Butterfly-cod, Dragon Fish, Scorpion Fish, Lionfish, Lionfish Scorpion, Volitan Lion, Red Lionfish, serta Firefish.

    Lepu Ayam

    Mengenai umur, ikan Lepu Ayam dapat bertahan hidup selama 15 hingga 16 tahun. Wah, ternyata sudah cukup lama ya.


    Klasifikasi Ilmiah


    Kingdom : Animalia
    Filum : Chordata
    Kelas : Actinopterygii
    Ordo : Scorpaeniformes
    Famili : Scorpaenidae
    Genus : Pterois
    Spesies : P. volitans
    Nama Latin/Ilmiah : Pterois volitans


    Bentuk Fisik

    Lepu Ayam

    Dari segi morfologi, ikan Lepu Ayam memiliki bentuk tubuh yang sangat khas. Setuju? Hewan laut ini memiliki kepala besar yang berbentuk berduri, dilengkapi dengan duri beracun di punggung dan siripnya, serta kantung berisi racun. Wah, jika sudah seperti itu, apakah kamu masih berani melakukan hal-hal yang berbeda padanya.


    Bentuk sirip ikan lepu Ayam berduri menyerupai kipas. Ikan ini memiliki panjang tubuh berkisar antara 10 hingga 40 cm. Dan perlu diingat, ikan ini sangat berwarna-warni, ya. Bayangkan, ikan ini dapat memiliki berbagai warna, seperti garis merah, marun, cokelat, oranye, hitam, dan putih.


    Dengan menyaksikan ikan Lepu Ayam yang memiliki warna yang menawan dan bentuk yang memikat, kamu pasti akan segera terpesona. Namun, jangan keliru, di balik semua itu, ikan Lepu Ayam ternyata memiliki racun yang sangat berbahaya.


    Penyebaran wilayah


    Berbicara mengenai habitat, tahukah kamu dari mana asal ikan Lepu Ayam? Ikan ini ternyata menyebar di perairan tropis di Samudera Hindia dan Pasifik.


    Makanan

    Lepu Ayam

    Mungkin tentang makanan, ini adalah sesuatu yang sangat dinantikan. Perlu kamu pahami bahwa ikan Lepu Ayam merupakan hewan pemangsa yang mengonsumsi krustasea (seperti udang), Cephalopoda, serta ikan-ikan kecil yang mendiami daerah terumbu karang.


    Umumnya, ikan ini mengadopsi taktik yang sangat pintar, yaitu dengan berkamuflase sebelum menyerang korban yang mendekat. Mulut ikan Lepu Ayam sangat terampil dalam menghisap calon mangsanya dengan gerakan yang begitu cepat sehingga hampir tidak terlihat. Tahukah kamu seberapa cepatnya? Hanya 15 milisekon. Bayangkan, itu sungguh sangat cepat, bukan?


    Habitat & Karakteristik

    Lepu Ayam

    Berdasarkan beberapa sumber penelitian ilmiah, ikan Lepu Ayam diketahui dapat ditemukan di wilayah terumbu karang pada kedalaman laut antara 20 hingga 50 meter. Wow, ternyata cukup dalam ya. Apakah kamu berani untuk berenang bersamanya?


    Ikan Lepu Ayam menghasilkan bunyi melalui gesekan dan pergerakan tubuhnya untuk menarik perhatian pasangan. Berdasarkan penjelasan Stein (2006), ikan menghasilkan suara dengan berbagai tujuan, seperti untuk menjaga ikatan dengan kelompok, memberi sinyal bahaya, berkomunikasi dengan pasangan, menarik perhatian pasangan, menakut-nakuti predator agar menjauh dari telur, dan mungkin juga untuk navigasi dengan echo location pada beberapa spesies yang hidup di kedalaman laut.


    Kamu juga perlu memahami bahwa ikan Lepu Ayam umumnya tidak bersifat agresif, tetapi mereka menunjukkan perilaku defensif. Jika mereka merasa dalam bahaya, mereka akan segera mengangkat sirip punggungnya atau memilih untuk bersembunyi dan tetap tenang.


    Zat beracun yang terdapat pada ikan Lepu Ayam adalah racun yang bersifat heat-labile, yang artinya racun ini akan hancur atau mengalami perubahan struktur jika terpapar panas. Jika sudah memasuki tubuh manusia, gejala yang muncul dapat berupa tekanan darah tinggi, peningkatan denyut jantung, dan sensasi kesemutan. Dalam waktu tiga jam setelah terpapar racun, bisa mengakibatkan kelumpuhan dan dalam beberapa kasus, berpotensi mengarah pada kematian.


    Ikan Lepu Ayam adalah jenis ikan yang aktif di malam hari (nokturnal). Pada siang hari, mereka cenderung lebih sering bersembunyi di tempat yang terlindungi, seperti di celah-celah terumbu karang.


    Catatan khusus


    Saat ini, jumlah pemangsa ikan lepu mengalami penurunan disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya adalah eksploitasi oleh manusia. Bahkan dalam Daftar Merah IUCN, ikan ini dikategorikan sebagai "Least Concern" Wow, memang berisiko sekali jika tidak ada perlindungan. Ayo, mari kita bersatu untuk melestarikan ikan Lepu Ayam agar tidak punah di habitat aslinya.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Bisnis

    +