BENPARK - Terdapat berbagai jenis ikan Arwana di seluruh dunia, dan salah satunya adalah Silver Arowana. Ikan ini termasuk salah satu spesies ikan hias yang paling diminati untuk dipelihara di akuarium dan merupakan salah satu predator yang cukup menakutkan di habitat alaminya.


Apakah kamu tahu? Nama ilmiah dari ikan ini terdiri dari Osteoglossum dan bicirrhosum. Osteoglossum memiliki arti "berlidah tulang" dan nama spesifik bicirrhosum, memiliki arti "dua barel" (asal kata dari bahasa Yunani).

Silver Arowana

Menurut beberapa studi, Silver Arowana dapat hidup selama 20 tahun dalam habitat alami mereka. Namun, ketika mereka dipelihara atau ditangkarkan, mereka hanya dapat bertahan hidup selama sekitar 10 hingga hampir 20 tahun.


Kamu tahu tidak bahwa Silver Arowana termasuk dalam jenis ikan yang disebut "Top Feeder". Silver Arowana berperan sebagai predator tingkat atas dengan tugas membersihkan sisa makanan yang sulit dijangkau oleh ikan-ikan tipe menengah dan bawah di bagian atas air.


Seringkali terjadi situasi di mana ikan yang tinggal di lapisan tengah dan bawah air mengalami kesulitan dalam mencapai makanan yang terdapat di bagian atas, yaitu di sekitar permukaan air. Ikan tipe atas sangat bermanfaat dalam membersihkan sisa makanan yang mengapung di permukaan air, sehingga kualitas air akan menjadi lebih baik.


Klasifikasi Ilmiah


Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Osteoglossiformes
Famili : Coryphaenidae
Subfamili : Osteoglossinae
Genus : Osteoglossum
Spesies : O. bicirrhosum
Nama Latin/Ilmiah : Osteoglossum bicirrhosum


Bentuk Fisik

Silver Arowana

Jika kita melihat dari segi penampilan fisiknya, Silver Arowana adalah yang paling mudah dikenali. Mengapa demikian? Karena bagian tubuhnya cukup panjang dan agak menyerupai ular.


Jika dijelaskan secara terperinci, Silver Arowana memiliki sisik yang cukup besar, tubuh yang memanjang, dan ekor yang meruncing (dengan sirip punggung dan sirip dubur yang memanjang hingga sirip ekor yang kecil).


Bila masalahnya adalah tentang warna, nampaknya sudah jelas bahwa Silver Arowana memiliki warna perak yang sungguh mempesona. Penting untuk kamu tahu juga bahwa ikan ini pernah ditemukan dengan ukuran terbesar mencapai 1,2 meter. Namun, ukurannya hanya sekitar 0,9 meter atau sekitar 90 centimeter secara umum.


Penyebaran wilayah


Silver Arowana adalah jenis ikan yang hanya ditemukan di Amerika Selatan dan tersebar luas di sungai Amazon, Essequibo, dan Oyapock. Tetapi sebagian di Sungai Branco juga ditemukan, di mana selain tempat tinggal Silver Arowana, juga tempat tinggal Black Arowana.


Makanan

Silver Arowana

Sebenarnya ikan Silver Arowana memiliki keunikan dalam hal pola makanannya yang sedikit berbeda dari ikan Arwana lainnya. Silver Arowana adalah ikan omnivora yang dapat menerima berbagai jenis makanan. Dia menggabungkan bahan makanan dari hewan dan tumbuhan.


Menurut informasi dari situs Sof School, Silver Arowana sangat menyukai memangsa ikan kecil, serangga air, burung, atau bahkan tumbuhan air. Bahkan yang mengejutkan adalah bahwa ikan predator ini juga dapat memangsa berbagai makhluk seperti kura-kura, larva, tikus, dan bahkan monyet. Siapa yang bisa menduga ini? Sungguh tak terduga.


Mengenai teknik berburu, Silver Arowana sering disebut sebagai "Monyet Air". Bagaimana hal itu bisa terjadi? Itu terjadi karena ikan ini memiliki kebiasaan untuk melompat keluar dari air dan mengumpulkan makanan dari ranting-ranting yang berada di atas permukaan air.


Jika kamu berencana untuk merawat Silver Arowana, penting untuk mengetahui jenis makanan yang mudah diberikan kepada mereka. Ikan ini sebenarnya bisa mengonsumsi pelet. Tetapi tidak ada salahnya jika kamu memberikan pilihan lain seperti ikan kecil, udang, cacing tanah, ulat hongkong, atau bahkan serangga seperti jangkrik.


Habitat & Karakteristik

Silver Arowana

Silver Arowana biasanya ditemukan di perairan yang gelap dan tenang. Salah satu tempat yang nyaman untuk tinggal adalah hutan banjir, yang juga menyediakan banyak sumber makanan. Apakah kamu setuju?


Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, Silver Arowana adalah spesies ikan yang sangat terampil dalam melompat, bahkan disebut sebagai "Monyet Air". Biasanya mereka pertama-tama berenang di dekat permukaan air menanti mangsa potensial, baru setelah itu melompat ke atas dengan atraksi tersendiri.


Jika kamu merencanakan untuk merawat Silver Arowana, sebaiknya tambahkanlah dekorasi seperti tanaman air (baik itu asli maupun yang terbuat dari plastik). Tetapi hindari penggunaan dekorasi yang berkantung-kantung karena khawatir ikan ini dapat mengalami cedera. Dekorasi yang berpotensi membahayakan, seperti batu atau kayu dengan ujung yang tajam.


Catatan khusus


IUCN masih belum membuat rencana untuk menyertakan ikan Silver Arowana ke dalam daftar merah mereka dalam situasi darurat. Kemungkinan ikan ini belum begitu dalam ancaman. Namun, jangan lupa untuk menjaga dan melindungi ikan Silver Arowana.