• Jelajahi

    Copyright © BENPARK - Referensi Kura-Kura, Filtrasi, Penyakit Serta Bisnis Ikan Hias
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Tire Track Eel Si Belut Dengan Corak Batik

    7/02/2024, 11:22 WIB Last Updated 2024-09-08T09:41:20Z

    BENPARK - Apakah kamu menyukai ikan belut? Mungkin akan menarik bagi kamu untuk mencoba beternak ikan yang satu ini. Tire Track Eel, belut yang memiliki motif seperti batik.


    Seekor belut dengan motif batik yang mempercantik tubuhnya. Betul Gak? Ikan belut seringkali menjadi teman bagi ikan-ikan predator. Ternyata Tire Track Eel memiliki nama lain juga, lho. Ia dikenal dengan sebutan Spinny Eel, Zigzag Eel, Leopard Spinny Eel, dan juga White-spotted Spinny Eel.

    Tire Track Eel

    Ikan Tire Track Eel merupakan seekor pemangsa di dasar perairan, atau sering disebut sebagai "Bottom Cleaner". Ikan predator tipe bawah memiliki peran penting dalam membersihkan sisa makanan yang terdapat di dasar tank/akuarium untuk menjaga kebersihan lingkungan tersebut.


    Klasifikasi Ilmiah


    Kingdom : Animalia
    Filum : Chordata
    Kelas : Actinopterygii
    Ordo : Synbranchiformes
    Famili : Mastacembelidae
    Genus : Mastacembelus
    Spesies : M. armatus
    Nama Latin/Ilmiah : Mastecembelus armatus


    Bentuk Fisik

    Tire Track Eel

    Tire Track Eel memiliki penampilan fisik yang mirip dengan ikan belut biasa dalam banyak hal. Namun, di bagian belakangnya terdapat sirip yang agak lebar dan sedikit runcing seperti duri.


    Tire Track Eel memiliki penampilan yang sangat indah dan menarik jika dibandingkan dengan belut biasa. Warna kulitnya yang kecoklatan dihiasi dengan motif batik yang cantik.


    Terkait dengan ukurannya, tire track eel memiliki kemampuan untuk mencapai panjang sekitar 90 cm. Ikan ini umumnya ditemukan dalam ukuran yang hanya mencapai sekitar 50 cm saja.


    Penyebaran wilayah


    Belut ini berasal dari Thailand, India, Indonesia, Sri Lanka, Pakistan, Vietnam, dan beberapa wilayah lain di Asia Tenggara.


    Makanan

    Tire Track Eel

    Makanan yang dikonsumsi oleh Tire Track Eel meliputi larva serangga, cacing darah, cacing tanah, ikan kecil, cacing beku dan udang. Tire Track Eel tidak memilih-milih makanan, dia akan memakan segala jenis makanan tanpa pandang bulu, entah itu mati atau hidup.


    Ikan ini benar-benar bisa memakan berbagai jenis makanan dengan mudah. Jadi tenang saja, tak perlu stres memikirkan hal makanan ketika ingin merawat Tire Track Eel.


    Habitat & Karakteristik

    Tire Track Eel

    Habitat dari Tire Track Eel adalah wilayah berair di daerah dataran rendah, tepi sungai, dan juga daerah rawa-rawa. Eel Track Tires sangat menyukai lingkungan perairan yang memiliki batu-batu, pasir, dan tumbuhan air.


    Selain itu, penting untuk diketahui bahwa belut ini aktif di malam hari karena merupakan hewan nokturnal, sehingga ikan ini mencari makan saat malam hari dan beristirahat di siang hari. Sangat bertolak belakang dengan manusia.


    Saat merawat belut ini, kamu dapat menambahkan hiasan untuk membuatnya dapat bersembunyi di dalam lingkungan yang gelap. Beberapa contoh dekorasi yang bisa digunakan untuk menyembunyikan sesuatu adalah batu-batuan, kayu, gua-guaan, atau dekorasi lainnya.


    Temperamen

    Tire Track Eel

    Karakteristik Tire Track Eel dapat dikatakan cukup baik. Tetap diperlukan kewaspadaan, karena ikan tersebut mungkin akan menyakiti ikan lain saat merasa lapar.


    Oleh karena itu, penting untuk berhati-hati ketika akan mengombinasikannya dengan ikan pari. Karena keduanya memiliki peran sebagai Bottom Cleaner, ada risiko ikan pari akan menjadi mangsa jika Tire Track Eel merasa lapar. Tidak menutup kemungkinan bahwa tubuh ikan pari bahkan bisa robek-robek.


    Catatan khusus


    IUCN menyatakan bahwa Tire Track Eel tidak termasuk dalam kategori “Least Concern”. Ini menunjukkan bahwa Tire Track Eel masih dalam risiko rendah untuk punah di habitat alaminya. Tetaplah memantau supaya kelestariannya terus terjaga.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Bisnis

    +