• Jelajahi

    Copyright © BENPARK - Referensi Kura-Kura, Filtrasi, Penyakit Serta Bisnis Ikan Hias
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Channa Diplogramma Si Ikan Gabus Malabar Yang Sangat Gahar

    8/05/2024, 09:44 WIB Last Updated 2024-09-08T09:35:16Z

    BENPARK - Siapa yang tidak mengenal ikan Gabus? Terutama bagi kamu yang gemar dengan ikan predator, tentunya sudah familiar dengan ikan Gabus, khususnya yang termasuk dalam jenis Gabus Malabar. Ikan ini sebenarnya lebih dikenal dengan sebutan nama ilmiahnya, yaitu Channa Diplogramma.


    Apa yang terjadi? Kenapa justru nama ilmiahnya yang menjadi terkenal? Entahlah, memang seperti itulah kenyataannya.

    Channa Diplogramma

    Agar lebih nikmat dan terasa lebih tepat, mari kita setujui untuk menyebutnya Gabus Malabar saja ya. Namun, Gabus Malabar dan Channa Diplogramma itu sebetulnya ternyata serupa. Cuma urusan panggilan saja. Baiklah, daripada berlama-lama, lebih baik kita langsung lihat yang berikut ini.


    Klasifikasi Ilmiah


    Kingdom : Animalia
    Filum : Chordata
    Kelas : Actinopterygii
    Ordo : Anabantiformes
    Famili : Channidae
    Genus : Channa
    Spesies : C. diplogramma
    Nama Latin/Ilmiah : Channe diplogramma


    Bentuk Fisik

    Channa Diplogramma

    Secara fisik, ikan Gabus Malabar memiliki penampilan yang mirip dengan jenis Gabus lainnya. Perbedaan yang paling mencolok dapat dilihat pada pola yang ada. Apakah kamu setuju?


    Mengapa tidak Di bagian atas tubuh yang setengah ini terdapat warna abu-abu (kadang ada yang cenderung kecokelatan) yang dihiasi dengan beberapa bercak hitam. Sementara itu, pada bagian bawahnya terdapat warna putih.


    Selain itu, tidak hanya warna yang menjadi perhatian, tetapi juga pada bagian mulutnya terdapat gigi yang sangat runcing. Gigi ini akan sangat bermanfaat untuk merobek dan menghancurkan makanan. Sangat menakutkan, bukan?


    Berkenaan dengan ukuran, menurut informasi dari situs resmi Seriously Fish, ikan Gabus Malabar dapat tumbuh hingga mencapai panjang maksimum 48 cm. Wah, itu cukup besar ya. Bayangkan jika tanganmu masuk dan terkena gigitannya.


    Penyebaran wilayah


    Tentu, jika kita membahas mengenai penyebaran. Ikan Gabus Malabar merupakan spesies yang hanya ditemukan di bagian selatan Pegunungan Ghats Barat di India selatan, yang mencakup area mulai dari Sungai Meenachil, Manimala, Pampa, Achenkovil, dan Kallada di Kerala, serta sistem drainase Chittar dan Tambraparni di Tamil Nadu.


    Wah, jika dipikir-pikir, sepertinya wilayah hidup ikan Gabus cukup luas, ya. Atau mungkin menurutmu justru wilayahnya terasa terbatas.


    Makanan

    Channa Diplogramma

    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ikan Gabus Malabar memiliki gigi-gigi runcing yang siap untuk merobek mangsanya. Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pakan ikan ini jelas bukan berasal dari alga atau tumbuhan perairan.


    Benar Ikan Gabus Malabar sangat menyukai mengonsumsi ikan, amfibi, serta serangga darat yang berukuran lebih kecil di habitatnya. Namun, di dalam penangkaran, ikan Gabus Malabar ternyata juga menyukai pakan yang telah mati. Jadi, tidak harus menggunakan makanan yang masih hidup, ya.


    Ngomong-ngomong, Admin memiliki beberapa tips untuk kamu yang berminat merawat ikan bernama Channa Diplogramma ini. Ketika dia masih kecil, kamu dapat memberinya makanan seperti larva chironomid (cacing darah), cacing tanah kecil, udang yang dicincang, dan makanan sejenis lainnya. Setelah mencapai usia dewasa, barulah kamu dapat memberikan potongan daging ikan, udang, kerang, dan sebagainya.


    Sebagai pengingat juga, sangat tidak diperbolehkan untuk memberikan makanan yang terdiri dari daging mamalia atau burung, seperti hati sapi atau ayam. Bagi kamu yang baru mengenal hal ini, mungkin akan merasa penasaran, bagaimana hal tersebut bisa terjadi?


    Semua itu disebabkan oleh sejumlah lipid yang terdapat di dalamnya yang tidak dapat diproses dengan baik oleh ikan Gabus Malabar. Lebih parahnya, kondisi ini dapat mengakibatkan penumpukan lemak yang berlebihan serta kerusakan pada organ. Menyeramkan juga, ya.


    Selain daging dari mamalia dan unggas, ada satu jenis lain yang juga menarik. Untuk yang satu ini, sebenarnya bukan dianggap larangan, melainkan lebih tepat jika dikatakan ‘tidak disarankan’. Sangat tidak disarankan untuk memberikan ikan Mas sebagai makanan karena dapat meningkatkan risiko infeksi parasit dan juga memiliki kandungan gizi yang rendah.


    Habitat & Karakteristik

    Channa Diplogramma

    Ikan Gabus Malabar sangat menyukai lingkungan perairan yang tenang dan kaya akan vegetasi air. Mungkin karakteristik ini sudah familiar bagi kamu yang memahami tentang ikan Gabus.


    Ketika kamu merawat ikan Gabus Malabar, sebaiknya disertakan tanaman air yang lebat dan kayu-kayu sebagai tempat bersembunyi.


    Dalam hal karakteristik, ikan Gabus Malabar biasanya cenderung tetap berada di satu lokasi dalam akuarium. Jadi dapat disimpulkan bahwa bukanlah ikan yang bergerak bolak-balik kesana kemari. Ikan ini memiliki kecenderungan untuk bersikap tidak aktif.


    Temperamen

    Channa Diplogramma

    Sebelum merawat ikan ini, hindari menggabungkannya dengan ikan lain secara sembarangan. Ikan Gabus Malabar dapat dianggap cukup reaktif. Jika terlambat memberi makan, bahkan hanya sedikit, bisa dipastikan bahwa teman seakuarium yang berbagi tempat dengannya akan mengalami kematian, atau setidaknya mengalami cedera.


    Cobalah untuk memilih teman satu tank yang memiliki ukuran lebih besar, karena jika lebih kecil, mereka bisa jadi menjadi target yang mudah. Namun, penting untuk tetap waspada agar selalu memberi makan dengan teratur dan tidak terlambat.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Bisnis

    +