• Jelajahi

    Copyright © BENPARK - Referensi Kura-Kura, Filtrasi, Penyakit Serta Bisnis Ikan Hias
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Lemon Cichlid Si Ikan Kuning Berkilau yang Suka Jahil

    8/13/2024, 16:23 WIB Last Updated 2024-09-08T09:30:42Z

    BENPARK - Apakah kamu sering mengunjungi toko ikan? Pernahkah kamu melihat ikan berwarna kuning. Seharusnya pernah, karena ikan ini sangat terkenal dan biasa dipelihara.

    Lemon Cichlid

    Tentu, ikan ini merupakan jenis ikan Lemon Cichlid. Ikan ini sebenarnya dikenal dengan berbagai nama, di antaranya adalah Leleupi, Cichlid Leleupi Oranye, Cichlid Emas, Cichlid Leleupi Emas, dan Cichlid Lemon Tanganyika.


    Klasifikasi Ilmiah


    Kingdom : Animalia
    Filum : Chordata
    Kelas : Actinopterygii
    Ordo : Cichliformes
    Famili : CichlidaeS
    Genus : Neolamprologus
    Spesies : N. leleupi
    Nama Latin/Ilmiah : Neolamprologus leleupi


    Bentuk Fisik

    Lemon Cichlid

    Seperti yang dapat kamu amati, warna tubuh ikan Lemon Cichlid adalah berwarna kuning. Bentuk tubuhnya cukup langsing dan kecil sehingga sekilas tampak mirip dengan roket.


    Tentu, jika kita membahas tentang ukuran, ikan ini hanya mampu tumbuh hingga panjang 10 cm atau sekitar 4 inci saja. Ternyata ikan ini juga berukuran kecil.


    Penyebaran wilayah


    Ikan Lemon Cichlid merupakan salah satu spesies Cichlid yang hanya ditemukan di Danau Tanganyika. Wow, setelah dipikir-pikir, ternyata wilayah penyebarannya cukup terbatas juga, ya.


    Makanan

    Lemon Cichlid

    Karena ikan ini pada dasarnya merupakan hewan karnivora, Lemon Cichlid memerlukan makanan yang kaya protein. Di habitat alaminya, ikan berwarna kuning ini mengkonsumsi organisme zoobenthic, serangga air, serta copepoda.


    Berikut beberapa saran untuk kamu yang berencana merawat Lemon Cichlid. Agar dapat mempertahankan keseimbangan yang optimal, berikan mereka makanan serpihan atau pelet berkualitas tinggi setiap hari.


    Suplemen gizi yang dapat diberikan secara rutin meliputi udang laut (baik yang segar maupun yang beku), cyclops, atau daphnia. Makanan protein yang kaya akan karoten, seperti mysis, berkontribusi dalam memunculkan pola warna yang menakjubkan.


    Memberikan makanan sekitar 2 hingga 5 porsi kecil setiap hari dengan porsi yang lebih sedikit dibandingkan memberikan satu porsi besar dalam sehari. Artinya, sebaiknya diberi porsi lebih sedikit namun dilakukan dengan lebih sering. Mengerti sampai di sini? Baik, mari kita teruskan.


    Saran-saran tersebut sebenarnya dapat menjaga kualitas air agar tetap lebih baik dalam jangka waktu yang lebih lama. "Puasa" satu hari dalam seminggu juga dapat memberikan manfaat bagi ikan Lemon Cichlid.


    Habitat & Karakteristik

    Lemon Cichlid

    Ikan Lemon Cichlid bisa ditemui di berbagai tipe lingkungan. Mereka bisa ditemukan baik di permukaan maupun di kedalaman air yang ekstrem.


    Lemon Cichlid dapat ditemukan di sepanjang garis pantai berbatu di timur dan barat danau, pada kedalaman antara 16 hingga 131 kaki (5 hingga 40 meter). Namun, mereka paling banyak terdapat di perairan yang lebih dalam, khususnya pada kedalaman 131 kaki (40 meter). 40 meter Ternyata di dalam juga, ya.


    Jika kamu berkunjung ke tempat tinggalnya dan melihat ikan ini. Jangan terkejut, ya. Ikan ini umumnya dijumpai secara soliter dan tinggal di celah-celah area berbatu.


    Temperamen

    Lemon Cichlid

    Jika kita berbicara tentang sifat atau temperamen, tentu kamu merasa tertarik, kan. Sebab, setiap kali memelihara Lemon Cichlid dan menggabungkannya dengan ikan lainnya, ia terlihat lebih nakal.


    Sebenarnya, ikan-ikan tersebut adalah jenis ikan komunitas yang memiliki sifat tidak agresif. Spesies tersebut bisa diintegrasikan dengan yang lebih kecil dalam sebuah akuarium. Selama mereka mempunyai area yang menjadi milik mereka.


    Ikan ini ternyata lebih baik jika dipelihara bersama tankmate yang memiliki perilaku tenang, seperti Cichlid Tanganyika lainnya dari genus Julidochromis seperti Julie Dickfeld dan Julie Narapidana, genus Altolamprologus, White Pearly Calvus, serta ikan lele Synodontis.


    Selain itu, ada beberapa hal yang perlu dihindari untuk memastikan keamanan ikan Lemon Cichlid. Oleh karena itu, tindakan terbaik adalah tidak mencampurkan mereka dengan African Cichlid dari Danau Malawi atau Danau Victoria dalam satu akuarium.


    Walaupun biasanya tenang, mereka dapat bersikap agresif terhadap ikan lain yang sejenis. Di habitat alami, Lemon Cichlid umumnya dapat dijumpai secara soliter. Bahkan meskipun mereka berpasangan, mereka hanya akan berkumpul untuk maksud prokreasi.


    Mengenai masalah temperamen ini, terdapat beberapa saran yang bisa diikuti. Apa itu? Jaga agar ikan Lemon Cichlid dipelihara dengan jumlah minimal 6 ekor di dalam satu akuarium. Mengapa hal tersebut terjadi? saat ini belum ada penjelasan ilmiah yang jelas dan pasti. Namun, berdasarkan pengalaman, rekomendasi yang diberikan memang seperti ini.


    Kuantitas ikan Lemon Cichlid dapat berdampak pada tingkat stres yang dialaminya, loh. Tentu saja, tingkat stres tersebut akan berdampak pada laju pertumbuhannya.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Bisnis

    +