• Jelajahi

    Copyright © BENPARK - Referensi Kura-Kura, Filtrasi, Penyakit Serta Bisnis Ikan Hias
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Royal Pleco Si Ikan Pembersih Kaca Mirip Bunglon yang Populer

    8/05/2024, 12:18 WIB Last Updated 2024-09-08T09:31:57Z

    BENPARK - Saat membahas tentang ikan Pembersih Kaca atau Sapu-sapu yang dikenal juga dengan sebutan Pleco, pasti yang terlintas di pikiran adalah ikan yang gemar melekat, baik di permukaan kaca maupun di kayu.


    Tahukah kamu? Sebenarnya terdapat berbagai macam spesies ikan Pembersih Kaca atau yang dikenal dengan Pleco. Namun, pada kesempatan ini, Admin akan mengulas salah satu jenis yang cukup menarik, yaitu Royal Pleco.

    Royal Pleco

    Selain dikenal sebagai Royal Pleco, ikan ini juga memiliki sebutan lain, ya. Beberapa di antaranya meliputi Panaque Nigrolineatus, Panaque Royal, dan Plecostomus Royal.


    Klasifikasi Ilmiah


    Kingdom : Animalia
    Filum : Chordata
    Kelas : Actinopterygii
    Ordo : Siluriformes
    Famili : Loricariidae
    Subfamili : Hypostominae
    Genus : Panaque
    Spesies : P. nigrolineatus
    Nama Latin/Ilmiah : Panaque nigrolineatus


    Bentuk Fisik

    Royal Pleco

    Cobalah untuk melihat sekilas bentuk tubuh ikan Royal Pleco. Terlihat seperti ikan Sapu-sapu biasanya, tidak ada yang istimewa. Namun, ikan ini sebenarnya memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan ikan Sapu-sapu yang umumnya tidak terlalu menarik sebagai ikan hias.


    Apabila diperhatikan, tubuh Royal Pleco memiliki warna abu-abu terang dengan pola bercorak abu-abu tua. Mereka memiliki mata berwarna merah dan sirip punggung yang berwarna krem atau emas. Sangat menakutkan, ya.


    Tubuh ikan ini dilapisi semacam pelindung yang kuat. Kecuali bagian perutnya, tubuhnya akan terasa lebih lembut. Mengenai ukuran tubuh, ikan Royal Pleco bisa tumbuh hingga mencapai panjang sekitar 43 cm.


    Penyebaran wilayah


    Ikan Royal Pleco adalah spesies yang berasal dari Sungai Orinoco dan Sungai Amazon. Kedua sungai itu mencakup wilayah negara-negara seperti Kolombia, Venezuela, dan Brasil, serta seluruh kawasan Amerika Selatan.


    Makanan

    Royal Pleco

    Meskipun dikenal sebagai ikan pembersih kaca, ikan ini tetap memerlukan makanan tambahan yang lebih. Ketika kamu merawatnya, pastikan untuk memberikan makanan yang sesuai.


    Makanan yang dapat kamu berikan meliputi wafer ganggang, pelet, atau bisa juga menggunakan serpihan udang laut. Namun, mereka juga senang jika diberi kacang polong, bayam yang direbus, selada, kangkung, zucchini, mentimun, serta kacang hijau.


    Oh, satu hal yang perlu kamu ingat, kayu merupakan elemen yang vital dalam makanan mereka. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menyiapkannya di dalam akuarium menggunakan benda dari kayu yang mengapung.


    Habitat & Karakteristik

    Royal Pleco

    Ketika merawat ikan ini, disarankan untuk memberikan dekorasi yang paling nyaman, seperti kayu, batu, pasir, tanaman air, dan benda sejenis lainnya. Cara yang paling mudah untuk menggambarkan tempat tinggalnya adalah dengan membuat aquascape.


    Ikan seperti Royal Pleco yang sangat menyukai alga pasti dapat menjadikan aquascape terlihat bagaikan surga. Namun, jika anggaran kamu terbatas, menyediakan kayu atau batu yang sederhana juga tidak jadi masalah.


    Jika diminta untuk membahas mengenai ciri-cirinya, ikan ini adalah jenis perenang yang lambat dan kurang mahir. Royal Pleco sering kali berada di satu tempat dan menggunakan mulutnya untuk melekat pada objek atau hiasan.


    Temperamen

    Royal Pleco

    Sifat ikan Royal Pleco dapat dikategorikan sebagai ramah dan tidak agresif terhadap teman sesama penghuni tank yang bersamanya. Ikan ini biasanya memiliki sifat yang tenang dan sangat menikmati saat-saat bersembunyi.


    Sebaliknya, kamu harus memastikan bahwa ikan Royal Pleco yang menakjubkan ini tidak terjebak sebagai mangsa ikan-ikan lain yang agresif. Sebelum melakukan penggabungan, harap perhatikan ciri-ciri dan sifat temperamental ikan tersebut, ya. Hindari sembarangan bergabung tanpa pertimbangan.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Bisnis

    +