• Jelajahi

    Copyright © BENPARK - Referensi Kura-Kura, Filtrasi, Penyakit Serta Bisnis Ikan Hias
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Arrau River Turtle Si Kura-kura Air Tawar Terbesar di Amerika Latin

    9/30/2024, 01:18 WIB Last Updated 2024-09-29T18:18:48Z

    BENPARK - Kamu mungkin baru saja mengetahui tentang jenis kura-kura ini. Tentu, Inilah Arrau River Turtle, kura-kura air tawar yang terbesar di Amerika Latin. Kura-kura ini memiliki berbagai nama.

    Arrau River Turtle

    Beberapa di antaranya termasuk Arrau turtle, South American River Turtle, Giant South American Turtle, Giant Amazon River Turtle, Arrau Sideneck Turtle, atau bisa juga hanya disebut “Arrau”. Agar lebih sederhana, kita akan menyebutnya dengan nama kura-kura Arrau. Baiklah, mari kita langsung saja tanpa berpanjang lebar, simaklah ulasan berikut ini sampai akhir ya.


    Klasifikasi Ilmiah


    Kingdom : Animalia
    Filum : Chordata
    Kelas : Reptilia
    Ordo : Testudines
    Subordo : Pleurodira
    Famili : Podocnemididae
    Genus : Podocnemis
    Spesies : P. expansa
    Nama Latin/Ilmiah : Podocnemis expansa


    Bentuk Fisik


    Membahas mengenai penampilan fisiknya, kura-kura Arrau umumnya memiliki warna hijau hingga coklat, disertai dengan bercak oranye, merah, atau bahkan kuning pada bagian kepalanya.


    Apabila kamu amati, dimensi karapasnya begitu besar, lebar, melengkung, dan ramping. Dengan kerapas yang demikian, kura-kura ini tentu dapat berenang melawan arus sungai yang cukup kuat. Selanjutnya, lehernya yang panjang bisa ditarik masuk ke dalam cangkangnya secara mendatar, sehingga sebagian di bagian tersebut akan terbuka.


    Hal yang membuatmu terkejut adalah dimensinya yang sangat besar untuk jenis kura-kura air tawar. Seberapa besar sebenarnya. Coba bayangkan, ukuran kura-kura Arrau bisa mencapai panjang 3,5 kaki, yang setara dengan 1,07 meter, dan beratnya bisa mencapai 90 kg. Wah, luar biasa besar sekali, ya.


    Penyebaran wilayah


    Kura-kura Arrau ditemukan terutama di drainase Karibia Guyana & Venezuela, anak sungai Amazon bagian atas di Bolivia, Peru, Kolombia, Venezuela dan Brasil, dan di Kepulauan Trinidad dan Tobago.


    Makanan


    Ini dia yang mungkin sudah lama kamu nantikan, yaitu tentang makanan. Sebenarnya, apa sih yang dimakan oleh kura-kura Arrau? Kura-kura Arrau dewasa dapat mengonsumsi berbagai jenis tanaman, termasuk buah-buahan, biji-bijian, daun, dan alga. Selain itu, mereka juga mampu memakan spons air tawar, telur, serta bangkai hewan yang telah mati.


    Beberapa kura-kura Arrau yang telah ditangkap diketahui juga mengonsumsi daging. Wah, sangat mengagumkan. Sementara itu, kura-kura yang masih muda mengkonsumsi ikan dan tumbuhan yang tumbuh di dalam air.


    Habitat & Karakteristik


    Lingkungan hidup kura-kura Arrau meliputi sungai-sungai besar dan anak sungai, serta laguna yang berada di sekitarnya, termasuk juga kolam-kolam di hutan.


    Selain itu, hal yang menarik adalah cara dia berinteraksi dalam komunikasi. Salah satu peran dari komunikasi adalah untuk menemukan pasangan hidup. Beberapa kura-kura Arrau akan memanfaatkan berbagai cara untuk berusaha menarik pasangan, seperti menggerakkan kepala, menggigit kaki betina, atau bahkan melakukan variasi gerakan kaki saat berhadapan dengan betina.


    Penting untuk kamu pahami bahwa kura-kura Arrau umumnya merupakan hewan yang hidup sendirian, sehingga informasi mengenai perilaku mereka masih terbatas berinteraksi secara verbal.


    Dalam hal kebiasaan berburu, biasanya kura-kura Arrau mencari makanan di siang hari. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa kura-kura ini tergolong sebagai hewan diurnal, yaitu hewan yang mencari makan di siang hari.


    Temperamen


    Informasi mengenai sifat dan perilaku kura-kura Arrau masih terbatas dan belum sepenuhnya dipahami. Apakah kura-kura Arrau ini memiliki sifat yang garang atau sebaliknya, bersifat tenang. Namun, berdasarkan penampilannya yang sedikit lucu, dapat diperkirakan bahwa sifatnya akan tenang saat berinteraksi dengan manusia. Apakah kamu sepakat?

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Bisnis

    +