• Jelajahi

    Copyright © BENPARK - Referensi Kura-Kura, Filtrasi, Penyakit Serta Bisnis Ikan Hias
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Giant Trevally Si Ikan Predator Iblis dari Indo-Pasifik

    9/15/2024, 23:04 WIB Last Updated 2024-09-15T16:04:09Z

    BENPARK - Jika kamu menonton acara memancing, kemungkinan kamu sudah pernah mendengar tentang Giant Trevally. Giant Trevally sering disebut sebagai ikan kuwe oleh penduduk setempat. Ikan ini agak serupa dengan tuna.

    Giant Trevally

    Ikan ini sangat terkenal di antara para penggemar ikan predator air tawar belakangan ini. Giant Trevally, ketika masih muda, dapat beradaptasi hidup di perairan tawar tanpa perlu dicampur dengan air laut sama sekali. Namun, sebaiknya hal seperti itu dilatih sejak usia dini.


    Klasifikasi Ilmiah


    Kingdom : Animalia
    Filum : Chordata
    Kelas : Actinopterygii
    Ordo : Perciformes
    Subordo : Percoidei
    Superfamili : Percoidea
    Famili : Carangidae
    Genus : Caranx
    Spesies : C. ignobilis
    Nama Latin/Ilmiah : Caranx ignobilis


    Bentuk Fisik


    Ikan ini memiliki bentuk fisik yang cenderung bulat seperti kue, kemungkinan inilah yang menjadi dasar mengapa ikan ini disebut ikan kuwe. Akan tetapi, jika dilihat dari ekor dan siripnya, Giant Trevally memiliki kemiripan yang cukup dekat dengan ikan tuna. Tubuh dari Giant Trevally umumnya berwarna perak, meskipun terdapat beberapa varian khusus yang memiliki warna kuning keemasan.


    Ukuran dan bobot maksimum Giant Trevally bervariasi, karena hal ini tergantung pada spesiesnya. Giant Trevally yang sangat besar pernah dicatat mencapai panjang 170 cm dan berat sekitar 80 kg. Bahkan, ada juga ekor dan sirip yang berwarna perak dan kuning. Tidak peduli warna apa pun yang dimilikinya, dari sudut pandang fisik, Giant Trevally tetap merupakan ikan predator yang menakjubkan dan menarik untuk dirawat.


    Penyebaran wilayah


    Tahukah kamu Ternyata, Giant Trevally dapat ditemukan di berbagai perairan tropis di kawasan Indo-Pasifik. Sebaran daerahnya meliputi dari Afrika Selatan di sebelah barat hingga Hawaii di sebelah timur, serta mencakup Jepang di bagian utara dan Australia di bagian selatan.


    Makanan


    Giant Trevally adalah jenis ikan pemangsa yang suka mengkonsumsi ikan-ikan berukuran lebih kecil. Apabila kita memeliharanya di dalam akuarium atau kolam, ikan yang dikenal dengan nama ilmiah Caranx ignobilis ini dapat mengkonsumsi ikan-ikan kecil, udang, serta cacing. Ikan ini tidak pilih-pilih dalam hal makanan. Oleh karena itu, relatif mudah untuk memberikan pakan kepada ikan GT.


    Habitat & Karakteristik


    Habitat ikan Giant Trevally yang sudah dewasa biasanya terdapat di lingkungan laut atau dapat juga ditemukan di daerah muara. Namun, ketika masih kecil dan berada di masa remaja, Giant Trevally biasanya tinggal di daerah dengan salinitas yang rendah, terutama di sungai-sungai.


    Di habitat aslinya, Gaint Trevally sangat menyukai air yang keruh dan memiliki arus yang kuat (pada fase remajanya). Ketika sudah dewasa, ia lebih menikmati lingkungan laut yang terdapat karang-karang. Ciri-ciri ikan ini saat dipelihara adalah perenang yang energik di dalam tanki atau akuarium.


    Temperamen


    Ikan pemangsa yang dikenal dengan nama ilmiah Caranx ignobilis ini memiliki sifat yang ramah dan tidak cenderung mengganggu rekan-rekannya di dalam akuarium. Namun, ketika Giant Trevally merasa lapar, ada kemungkinan ia akan menyerang teman satu tangkinya.


    Oleh karena itu, sebaiknya kita selalu memastikan bahwa Giant Trevally mendapatkan pakan secara rutin agar tidak mengalami kelaparan. Sebab, rekan tank-nya akan terkena imbasnya.


    Catatan khusus


    Hingga saat ini, IUCN belum memberikan penilaian untuk mengkategorikan Giant trevally dalam daftar merah mereka. Namun, upaya pelestarian di lingkungan alam harus tetap dilaksanakan. Ikan pemangsa ini sangat terkenal sebagai sasaran dalam kegiatan memancing.


    Memancing yang bersahabat dengan lingkungan, tanpa menggunakan bahan peledak atau zat berbahaya, adalah suatu keharusan untuk melindungi Giant Trevally dan ekosistemnya. Sebenarnya, belum ada indikasi ancaman yang signifikan, tetapi tidak ada ruginya untuk mengambil langkah pencegahan terhadap kemungkinan tersebut.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Bisnis

    +