• Jelajahi

    Copyright © BENPARK - Referensi Kura-Kura, Filtrasi, Penyakit Serta Bisnis Ikan Hias
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Oxydoras Niger Si Ikan Lele Bertubuh Gergaji

    9/22/2024, 18:35 WIB Last Updated 2024-09-22T11:35:16Z

    BENPARK - Siapa yang tidak mengenal ikan lele? Ternyata, ikan lele memiliki beragam jenis. Salah satu contohnya adalah Oxydoras Niger. Wah, hanya dari namanya sudah terasa menakutkan, ya.

    Oxydoras Niger

    Selain itu, ikan ini juga dikenal dengan sebutan lain, yaitu Ripsaw Catfish. Dari kata "Saw" yang memiliki makna sebagai gergaji. Mengapa disebut gergaji. Sebab, itu berkaitan dengan bentuknya yang di bagian sampingnya memiliki deretan duri-duri yang runcing. Semakin ingin tahu? Ayo, simak sampai akhir ya.


    Klasifikasi Ilmiah


    Kingdom : Animalia
    Filum : Chordata
    Kelas : Actinopterygii
    Ordo : Siluriformes
    Famili : Doradidae
    Genus : Oxydoras
    Spesies : O.niger
    Nama Latin/Ilmiah : Oxydoras Niger


    Bentuk Fisik


    Jika berbicara tentang bentuknya, mungkin kamu bisa melihatnya sendiri. Namun, terdapat beberapa hal yang menjadi karakteristik uniknya, lho. Salah satu contohnya adalah duri-duri yang mirip dengan gergaji yang terletak di sisi tubuhnya. Jangan salah, duri-duri itu sangat runcing, ya.


    Di samping itu, ikan Oxydoras Niger memiliki daging tambahan yang menjuntai di langit-langit mulutnya, yang berfungsi untuk merasakan partikel makanan yang ada di antara limbah sungai. Wah, hebat juga ya.


    Ngomong-ngomong tentang ukuran, ikan ini bisa tumbuh hingga sepanjang 90 cm, loh. Jika dibandingkan dengan ikan hias pada umumnya, ia tergolong dalam ukuran yang relatif besar.


    Penyebaran wilayah


    Menurut jurnal yang berjudul "Back to Nature Guide to Catfishes" karya Sands yang diterbitkan pada tahun 1997, ikan ini dapat dijumpai di seluruh wilayah Amerika Selatan. Dimulai dari pesisir Timur hingga basis Andes yang terletak pada ketinggian 3. 000 kaki di atas permukaan laut.


    Menurut informasi yang terdapat di situs resmi Fish Base, ikan ini dapat ditemukan di berbagai sungai, termasuk Sungai Amazon, São Francisco, dan Essequibo. Namun, terdapat juga beberapa yang ditemukan di Sungai Orinoco.


    Makanan


    Lele berduri yang ini sangat suka menyantap krustasea, siput, serta berbagai invertebrata lainnya. Ia juga menyukai biji-bijian dan bahkan buah-buahan. Dengan kata lain, ikan Oxydoras Niger merupakan jenis ikan yang bersifat omnivora atau dapat memakan berbagai jenis makanan.


    Pada tahun 1987, individu bernama Lowe-McConnell mengumpulkan informasi dari Marlier dan mengategorikan ikan Oxydoras Niger sebagai pemakan serangga atau insektivora. Sungguh, hewan seperti capung telah tercatat sebagai bagian dari isi lambung Oxydoras Niger. Meskipun begitu, terdapat pula tanah liat dan daun-daun yang membusuk, sehingga ada seorang individu lain bernama Thornton W. Burgess mengelompokkan ikan sebagai detritivora, yang berarti hewan pemakan sisa-sisa bangkai.


    Ketika kamu berencana untuk merawat ikan ini dalam akuarium, kamu memiliki pilihan beragam jenis makanan. Diawali dengan ikan kecil, potongan udang, pelet ikan yang berada di bawah permukaan air, kacang polong beku, hati sapi, cacing tanah dan pelet kelinci. Tentu, kamu tidak salah mendengar, itu adalah pelet kelinci. Menarik, bukan?


    Habitat & Karakteristik


    Oxydoras Niger sangat menyukai aliran sungai yang besar. Hal menarik lainnya adalah saat nelayan lokal diwawancarai, mereka menyatakan bahwa ikan ini biasanya ditangkap pada musim hujan.


    Berdasarkan data dari Saint-Paul, 63% individu Oxydoras Niger ditangkap di siang hari, sedangkan 27% lainnya ditangkap pada malam hari. Hal ini menunjukkan bahwa Oxydoras Niger beraktivitas pada siang hari. Sayangnya, data ini tidak sejalan dengan pengamatan sejumlah orang yang menyaksikan secara langsung bahwa ikan Oxydoras Niger yang memiliki panjang kurang dari 1 meter cenderung lebih banyak bersembunyi daripada berenang dengan aktif.


    Mereka tidak memperhatikan seberapa terang cahaya yang ada, mereka tetap akan mencari perlindungan di tempat-tempat tertutup seperti gua atau terowongan gelap.


    Dapat disimpulkan bahwa ikan ini menyukai lingkungan yang redup. Oleh karena itu, saat merawat ikan ini, disarankan untuk menyediakan tempat untuk bersembunyi, terutama ketika Oxydoras Niger masih berukuran kurang dari 1 meter. Siapkanlah seperti batu karang, gua buatan, atau terowongan gelap sebagai tempat untuk bersembunyi.


    Temperamen


    Jika kita membahas tentang sifat ikan Oxydoras Niger, sebenarnya ikan ini tidaklah jahat atau hanya sekadar nakal. Ia memiliki sifat yang tenang dan tidak suka ribut.


    Mungkin tubuhnya terlihat besar dan terdapat duri-duri tajam di sisi-sisi tubuhnya yang berbaris, sehingga kesan yang ditimbulkan cukup menakutkan. Namun, sebenarnya ikan ini bisa bersikap damai. Hal yang perlu diperhatikan adalah menghindari teman se-tangki ikan yang berukuran terlalu kecil. Jika ukurannya terlalu kecil dan pas dengan mulut si Oxydoras Niger, maka bukan tidak mungkin ia akan menjadi sasaran empuk bagi ikan tersebut. Ingatlah bahwa Oxydoras Niger merupakan salah satu jenis ikan pemangsa.


    Contoh teman tank yang sesuai untuk ikan tersebut antara lain Golden Dorado, Arowana, Ikan Lele Ekor Merah, Red Feifeng, Pterodoras Granulosus, serta Peacock Bass.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Bisnis

    +