• Jelajahi

    Copyright © BENPARK - Referensi Kura-Kura, Filtrasi, Penyakit Serta Bisnis Ikan Hias
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Grass Carp Si Ikan Vegetarian Pemakan Gulma

    10/02/2024, 13:24 WIB Last Updated 2024-10-02T06:24:38Z

    BENPARK - Bagi kamu yang tergolong sebagai penggemar memancing, tentu sudah familiar dengan ikan Grass Carp. Ikan air tawar ini adalah jenis ikan yang sangat enak jika dimasak.

    Grass Carp

    Namun, tahukah kamu? Ternyata, selain bisa dinikmati, ikan Grass Carp juga berfungsi sebagai pengendali pertumbuhan gulma di perairan tawar, loh. Menarik, bukan? Apa saja sih seluk-beluknya. Ada rasa ingin tahu? Ayo, simak penjelasan berikut ini.


    Klasifikasi Ilmiah


    Kingdom : Animalia
    Filum : Chordata
    Kelas : Actinopterygii
    Ordo : Cypriniformes
    Famili : Cyprinidae
    Genus : Ctenopharyngodon
    Spesies : C. idella
    Nama Latin/Ilmiah : Ctenopharyngodon idella


    Bentuk Fisik


    Karakteristik fisik ikan Grass Carp ditandai dengan warna abu-abu gelap yang memiliki nuansa kekuningan dan berpadu dengan kilau perak. Tubuhnya tampak panjang, sedangkan kepalanya memiliki lebar yang signifikan dengan bentuk moncong yang pendek dan bulat. Kemudian, ia juga memiliki gigi paringeal yang tersusun dalam dua baris dengan bentuk menyerupai sisir. Keren juga, ya.


    Tidak hanya itu, panjang maksimum ikan Grass Carp dapat mencapai 2 meter. Biasanya, panjangnya hanya sekitar 1 meter dan beratnya bisa mencapai 45 kg.


    Penyebaran wilayah


    Ikan Grass Carp sebenarnya berasal dari sistem perairan Sungai Amur yang terletak di Rusia bagian timur dan Cina bagian timur laut. Kemudian, terdapat juga sistem drainase lainnya di Pasifik yang berada di Cina, dengan Sungai Xi sebagai batas di selatan.


    Namun saat ini, ikan Grass Carp telah diperkenalkan secara luas di seluruh dunia untuk tujuan akuakultur dan juga sebagai pengatur alami pertumbuhan vegetasi air di berbagai daerah. Wah, ikan ini luar biasa juga, ya.


    Makanan


    Ikan Grass Carp sejatinya memiliki kecenderungan untuk menjadi herbivora. Ketika dibudidayakan, mereka biasanya mengonsumsi tanaman duckweed, buah-buahan segar, dan sayuran. Terlebih lagi, jika Grass Carp telah mencapai tahap dewasa, pasti akan memerlukan jumlah yang cukup besar.


    Menurut informasi yang diperoleh dari situs resmi Seriously Fish, ikan Grass Carp liar diketahui mengonsumsi detritus organik, serangga air, serta berbagai jenis invertebrata lainnya. Meskipun ia menghindari mangsa yang lebih besar, mungkin karena takut akan ukurannya yang terlalu besar dan takut tersedak.


    Habitat & karakteristik


    Apakah kamu sudah memikirkan di mana ikan Grass Carp ini tinggal? Jadi, ikan Grass Carp sering ditemukan di daerah dataran rendah, pada bagian sungai besar yang alirannya lambat, serta di danau dan waduk yang memiliki banyak vegetasi. Mengenai kedalaman air, umumnya ikan ini dapat dijumpai di perairan yang cukup dangkal.


    Tahukah kamu fakta menarik lainnya? Ikan ini sejatinya sangat mampu beradaptasi dengan lingkungan air yang tidak baik. Dapat dikatakan sangat tahan lama.


    Temperamen


    Sebenarnya, jika dilihat dari penampilan fisiknya yang menggemaskan, sudah bisa diprediksi. Ikan Grass Carp biasanya bersifat tenang dan tidak agresif. Dan secara khusus tidak akan mengincar objek yang memiliki ukuran lebih dari beberapa sentimeter.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Bisnis

    +