• Jelajahi

    Copyright © BENPARK - Referensi Kura-Kura, Filtrasi, Penyakit Serta Bisnis Ikan Hias
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Labi-labi Hutan Si Reptil Air yang Banyak Dicari Orang

    10/22/2024, 04:16 WIB Last Updated 2024-10-21T21:16:15Z

    BENPARK - Siapa sih yang belum pernah dengar tentang labi-labi? Nah, kali ini kita akan bahas spesies yang menarik, yaitu labi-labi Hutan! Reptil air ini punya banyak penggemar, lho.

    Labi-labi Hutan

    Ternyata, labi-labi Hutan juga dikenal dengan nama Forest Soft-shelled Turtle atau Malayan Soft-shelled Turtle. Penasaran seperti apa reptil unik ini? Yuk, simak selengkapnya!


    Klasifikasi Ilmiah


    Kingdom : Animalia
    Filum : Chordata
    Kelas : Reptilia
    Ordo : Testudines
    Subordo : Cryptodira
    Famili : Trionychidae
    Subfamili : Trionychidae
    Genus : Dogania
    Spesies : D. subplana
    Nama Latin/Ilmiah : Dogania subplana


    Bentuk Fisik


    Kalau bicara soal ukuran, labi-labi Hutan biasanya berukuran sedang. Jarang sekali yang tumbuh besar, biasanya hanya sekitar 25-40 cm saja.


    Cangkangnya lembut, berbentuk memanjang dengan permukaan pipih. Warnanya beragam, mulai dari abu-abu kehitaman, cokelat, hingga kemerahan, sering dihiasi pola atau bintik-bintik halus.


    Bagian kepala dan mulutnya mirip dengan labi-labi lainnya, dengan moncong yang mancung dan rahang yang kuat. Gimana, apakah penampilannya membuatmu sedikit takut?


    Persebaran wilayah


    Dari mana asal labi-labi Hutan? Reptil ini tersebar di wilayah Asia Tenggara seperti Burma, Malaysia, Singapura, Filipina, hingga Indonesia yang meliputi Sumatra, Singkep, Natuna, Kalimantan, dan Jawa. Ternyata cukup luas ya jangkauannya!


    Makanan


    Kamu pasti sudah memperhatikan rahang labi-labi Hutan yang tampak cukup menakutkan, bukan? Jadi, apa sih yang mereka makan? Mengutip dari situs resmi Taman Nasional Thailand, labi-labi Hutan suka menyantap siput dan moluska lainnya. Kok bisa? Tentu saja! Dengan rahang kuatnya, mereka mampu menghancurkan cangkang-cangkang keras itu dengan mudah.


    Habitat & Karakteristik


    Berbicara tentang habitat, labi-labi Hutan lebih suka tinggal di aliran air bersih yang mengalir di sungai-sungai berbatu di daerah pegunungan.


    Menariknya, kura-kura labi-labi Hutan ini adalah hewan nokturnal. Pada siang hari, mereka lebih sering bersembunyi di dalam lumpur, sedangkan saat malam tiba, mereka keluar untuk berburu mangsa.


    Temperamen


    Kalau digabungkan dengan ikan yang lebih besar, labi-labi Hutan ini biasanya merasa takut. Tapi beda cerita kalau dengan ikan kecil, dia justru lebih berani dan sering mengejarnya, karena dianggap sebagai mangsanya.


    Bagaimana dengan sikapnya terhadap manusia? Labi-labi Hutan cenderung sedikit agresif, terutama jika tanganmu didekatkan ke wajahnya, bisa-bisa dia menggigit. Saat dipegang, kakinya akan bergerak cepat seperti mendayung. Jadi, pastikan kamu ekstra hati-hati kalau mau memegang labi-labi Hutan ini. Oke?

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Bisnis

    +